09
Feb
12

DIY: Bersih-bersih BenQ S41..

Repost artikel lama yang sempat hanya menjadi draft..🙂

BenQ S41 ini laptop yang saya pakai dari semester 1 kuliah di tahun 2007.. Masih ‘bertahan’ sampai sekarang, walaupun sempat ganti mobo, VGA, dan baterai.. Termasuk laptop canggih di jamannya, dengan VGA GeForce 8600M GS, satu hal yang membuat saya percaya laptop ini bisa melayani pekerjaan grafis berat seperti rendering.. ;) 

Sebenarnya S41 termasuk tipe yang defect (produk gagal) karena hampir semua S41 mengalami kerusakan VGA.. dan sialnya VGA jadi satu dengan mobo, jadi kalau melakukan penggantian di luar garansi butuh US$300.. 1 tahun lebih 1 bulan, VGA S41 ini kena.. panik juga karena garansi sudah habis.. Tapi waktu sudah bawa duit US$300 untuk beli mobo VGA baru, dapat kabar gembira kalau khusus tipe ini ada perpanjangan garansi untuk mobo dan VGA menjadi 2 tahun!😀

Setelah ganti mobo dan VGA baru, kebiasaan main game mulai dihilangkan.. Sebelumnya ini S41 bisa buat jalanin game seperti Call of Duty, GRID, NFS, GTA4, dan game-game berat lainnya..:mrgreen: Nah karena saya berharap laptop ini bisa bertahan setidaknya sampai lulus kuliah, kebiasaan ngegame itu dibuang jauh-jauh.. Prinsip saya, apa yang diberikan orang tua (termasuk laptop ini) harus benar-benar dirawat.. Cukuplah satu ini pemberian ortu, laptop berikutnya saya usahakan dari penghasilan sendiri..😉

Problem utama laptop ini adalah PANAS..! Panas itu karena sistem cooling tidak berjalan baik, karena debu yang menumpuk di dalamnya.. Nah karena dasarnya saya memang suka bongkar-bongkar, saya lebih percaya bongkar sendiri daripada minta diservis.. Nggak perlu keluar duit servis sampai Rp 300.000, juga dapat pengalaman dan pengetahuan baru..😉

Tahap-tahapnya bisa diliat di bawah ini:

Baut dibuka dan ditandai posisinya..

Setiap part diberi keterangan..

Keyboard dibersihkan..

Bagian bawah keyboard🙄

Mainboard, bersihkan dari debu, ganti thermalpaste baru..

Saluran udara dibersihkan juga..

Beberapa hal penting dalam membongkar laptop:

1. Pakai sarung tangan anti statis, untuk menghindari listrik statis dari tubuh.. Sebelum membongkar tekan agak lama tombol power untuk menghilangkan listrik statis..

2. Gunakan obeng dengan ukuran yang tepat, jangan dipaksa karena bisa membuat skrup rusak.. Waktu mengencangkan juga tidak perlu terlalu kencang, karena ini bukan mobil/motor yang cenderung bergetar..

3. Ingat step-step pembongkaran, karena nantinya akan digunakan sewaktu merangkai kembali..

4. Ingat/catat posisi skrup atau part, jangan sampai tertukar atau lupa terpasang..

5. Jangan asal tarik part karena bisa jadi ada kabel yang masih terhubung, biasanya ada teknik melepas kabel tsb.

6. Setelah semua terangkai kembali, cek setiap fungsi seperti keyboard, speaker, bluetooth dsb. apakah berfungsi normal atau tidak..

Sampai saat ini sebenarnya laptop ini masih bisa berfungsi, bahkan sempat upgrade ke layar ukuran 23″😛 (baca disini).. Walaupun pada akhirnya tuntutan spesifikasi hardware membuat laptop ini harus diistirahatkan..

Sekian, semoga bermanfaat😉


0 Responses to “DIY: Bersih-bersih BenQ S41..”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Galih Winastwan’s Personal Blog

A simple blog, contains some articles about architecture, design, digital architecture and much more in Indonesian language..

Blog Stats

  • 79,634 kunjungan

Kalender

February 2012
M T W T F S S
« Jan   Jun »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

My Portfolio


view my portfolio:
coroflot.com/winastwan

%d bloggers like this: