12
May
10

Real Project at Pasca KKA 2010 Exhibition..!!!

Sebagai hasil dari Kuliah Kerja Arsitektur 2009 angkatan 2007 ke Singapura, pada tanggal 7-9 Mei 2010 diselenggarakan Exhibition dan Talk Show Pasca KKA 2010 dengan tema Architecture for Public. Kebetulan kelompok saya kebagian area/kawasan Plaza Ambarrukmo untuk diredesain.. Pada awalnya setiap kelompok direncanakan untuk bikin real project, tapi karena dana terbatas, hanya kelompok yang berlokasi di Plaza Ambarrukmo saja yang direalisasikan karena acara Exhibition dan Talk Show juga berada di Plaza Ambarrukmo.. Hmm real project pertama yang saya tangani..πŸ™„

Lebih spesifiknya, area yang diredesain adalah area pedestrian di selatan Plaza Ambarrukmo.. Berdasarkan survey, pengujung disana merasa ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh panas dan silau matahari pada sore hari.. Dan itu yang menjadi konsep utama dalam mendesain real project ini..πŸ™„ Beberapa desain didapat dari anggota kelompok, dan karena pertimbangan kemudahan dan waktu pembuatan, dipilih desain yang simple, yaitu sebuah pergola..

Material yang digunakan adalah besi untuk rangka, papan kalsiboard untuk kisi-kisinya, dan akrilik untuk penempatan logo dan sponsor.. Pembuatan rangka dilakukan oleh tukang besi, sedangkan papan kalsiboard dipotong sendiri dan dicat sendiri oleh kelompok rame2..πŸ˜‰ Sebenernya yang akan dipakai adalah papan kalsiboard untuk lisplank dengan motif kayu tebal 8mm, tapi karena stok kosong dan harus inden jadi pakai yang 6mm untuk plafon..😦

Yah.. banyak pengalaman yang didapat selama pembuatan.. Dari pemilihan besi yang ternyata harus didobel, permintaan dari Plaza Ambarrukmo untuk tidak merusak tegel yang dari Oztrali, sampe pemilihan cat yang salah jadi bolak-balik beda warna..πŸ˜€ Tapi masih bisa diakali dengan penambahan plitur gelap, tapi juga ada ‘anak kecil’ yang main2 sampe numpahin pliturnya..:mrgreen: Dan semua itu dilakukan kurang dari 2 minggu.. Hasil yang didapat cukup memuaskan, cuma kurang dari segi finishing di papan kalsiboardnya dan sifatnya yang terlalu elastis..

Pemasangan dilakukan malam hari pukul 22.00.. Pemasangan rangka secara knock down, dengan baut penghubung antara kaki dan balok.. Untuk papan kalsiboardnya cuma diselipin dan diganjal plat alumunium, agak meragukan juga takut ketiup angin.. Beruntung selama penempatan tidak terjadi hujan deras dan angin.. Cukup puas juga melihat pergola ini digunakan pengunjung yang datang.. Dulunya saya sempat pesimis bakal mendapat respon negatif dari masyarakat, tetapi setelah melihat hasilnya, area pedestrian Plaza Ambarrukmo jadi kayak di luar negri..:mrgreen:

Hal penting yang didapat dari real project ini adalah, semua material punya sifatnya yang mungkin tidak terduga sebelumnya, seperti besi yang dibayangkan keras dan kaku, ternyata gampang melengkung juga.. Papan kalsiboard yang keliatannya berat dan keras, ternyata elastis kayak permen karet..:mrgreen: Sayangnya penempatan pergola ini hanya sampai Exhibition berakhir.. Tapi ngeri juga sih kalau diterusin, karena kalsiboard yang tipis dan melambai itu bisa saja patah atau terbang ketiup angin..πŸ™„

NB: untuk kelompok 5, terima kasih atas kerjasamanya, dan mohon maaf kalau ada kekurangan selama saya menjadi ketua kelompok..


6 Responses to “Real Project at Pasca KKA 2010 Exhibition..!!!”


  1. 1 dindi e.c. sasmito
    29 May 2010 at 22:14

    “…tapi juga ada β€˜anak kecil’ yang main2 sampe numpahin pliturnya…” maksudnya apa tuh??😐
    “…Papan kalsiboard yang keliatannya berat dan keras…” emang berat kok..

    nambahin ‘hal penting’ laen:
    1. kalo ngerjain proyek lagi, dipastiin dulu semua barang bisa didapet sebelum deadline makin mepet
    2. untuk hasil yang lebih baek, emang butuh biaya lebih gede..kalo dana memungkinkan, mending dikerjain sama ‘ahlinya’, hasilnya pasti lebih rapi..
    3. jangan mengabaikan ilmu2 yang udah diajarin waktu kuliah.. (terutama tentang gaya, pembebanan..!!) *merasa bodoh banget waktu tukang besi bisa ngomong ‘cremona’
    4. (ad tambahan lg??)

    secara keseluruhan..real project menyenangkan!!
    terima kasih kembali..(makasih juga buat kelompok2 laen dan pengunjung atas bantuan, kritik & saran..smoga d laen kesempatan jadi lebih baek..amin)

  2. 2 Galih
    30 May 2010 at 05:36

    Duh yang disebut2 datang..:mrgreen: bales ni:

    1. Bukannya dulu udah ta bilang kali aja Kalsinya indent seminggu, eh indent beneran..😦
    2. Kita udah cukup ahli kok, asal ga tiba2 ada jejak anak kecil di plitur..πŸ™„ ahahaha
    3. Mau ngulang mekanika?:mrgreen:

  3. 3 dindi e.c. sasmito
    31 May 2010 at 14:23

    siapa?! *noleh kanan-kiri*
    lah ngomongnya telat..harusnya sebulan sebelumnya.. :p
    jejak kaki yg gede2 jg banyak kok..ndak cm yg kecil..
    kalo ngulang ndak deh, makasih. pengen ikut yang bagian mekanika tak tentu aja, kan belum dapet tuh.tapi selalu ndak jadi..

  4. 4 ratih
    4 June 2010 at 13:18

    “Dulunya saya sempat pesimis bakal mendapat respon negatif dari masyarakat..”

    kalimat ini ambiguu..

  5. 5 Galih
    4 June 2010 at 20:33

    @ Ratih
    Maksudnya pesimis dari keseluruhan proyeknya, krn mengira bakal mendapat respon negatif dari masyarakat.. masih bingung?πŸ˜€

  6. 21 September 2014 at 10:37

    I think the admin of this web site is actually working hard in favor of his web site, for the reason that here every information is quality based material.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Galih Winastwan’s Personal Blog

A simple blog, contains some articles about architecture, design, digital architecture and much more in Indonesian language..

Blog Stats

  • 79,634 kunjungan

Kalender

May 2010
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

My Portfolio


view my portfolio:
coroflot.com/winastwan

%d bloggers like this: