20
Mar
10

Studio Arsitektur 5: Hotel..!

Akhirnya desain Studio bisa bebas..!πŸ˜€

Sebenarnya agak ekstrim sih, biasanya Studio pasti disuruh ngikut omongan dosen ini itu, tapi yang didapat akhirnya ya gitu-gitu aja..πŸ™„ Nah saya berpikiran untuk keluar dari semua itu, kayak desain Hotel ini, coba dipikir, kapan lagi bisa desain yang aneh-aneh, nanti kalau udah kerja pasti ngga bisa semaunya sendiri.. Kapan lagi bisa coba-coba? Ya waktu masih kuliah..!πŸ˜‰ Setelah bikin desain ini, saya belajar banyak.. Ternyata ngga gampang, dari segi efisiensi, form, utilitas, material, dsb.. Tapi kalo ngga dicoba ya ngga bakal tau..!

Konsep Hotel ini.. belum jelas sih, dari awal emang konsepnya ingin bebas, ngga ‘manut’ aja sama permintaan dosen.. Jadi konsepnya malah bukan konsep dalam mendesain Hotelnya, tapi malah konsep mengerjakan tugas studionya..πŸ˜€ Dari segi proses desain itu salah, tapi ya.. itu lebih ke prinsip hidup..:mrgreen: Dan kesimpulannya.. apa yang saya lakukan belum tentu benar.. tapi ya baru bisa tau itu benar atau salah setelah mencoba kan..

Nah sekarang kenapa bentuknya bisa kayak gitu, awalnya dari baca sebuah buku..bukan buku besar sih, cuma buku saku malah, tapi didalamnya ada hitung-hitungan sederhana tentang sudut.. Trus diaplikasikan ke kamar Hotel dengan sudut tiap kamar 18Β°, dan kalau disusun 10 kamar jadi setengah lingkaran, digabung-gabung jadi kayak gitu deh..πŸ˜‰ Sedikit variasi di lantai 4, 5 dan 6, dikurangi jumlah kamarnya, biar ngga monoton lurus sampai atas.. Masalah Ground Floor sama Basementnya gimana itu urusan nanti..:mrgreen: Ini tampaknya:

Mungkin untuk Hotel sekelas bintang 3 terlalu berlebihan dengan form seperti ini, Hotel bintang 3 ngga butuh penampilan luar yang berlebihan, lebih mementingkan kualitas interior dan efisiensi..πŸ™„ Tapi yah..saya tetap pakai bentuk ini dengan mencoba untuk memaksimalkan kualitas interior dan efisiensi.. Ya bisa dibilang ‘menambah tantangan’Β atau lebih tepat ‘mencari malasah’:mrgreen:

Dengan bentuknya yang melingkar, lobby bisa lebih diolah, yah mungkin disini kekuatannya.. Emang ngga pakai lantai mezzanine, tapi ada split level di lobby, ke atas ke coffee shop, ke bawah ke bar lounge.. Untuk masalah efisiensi, ngga banyak hitung-hitungan, cukup berpatokan pada TOR yang diberikan di awal kuliah studio, kebutuhan ruang, luas dan sebagainya menggunakan acuan dari TOR yaitu Hotel Ibis Yogyakarta..πŸ™„

Untuk lantai tipikalnya, disini baru pakai perhitungan, luas kamar 24 m2, tiap lantai terdiri dari 30 kamar, hanya di lantai 5 dan 6 berjumlah 20 dan 10 kamar.. Intinya perbandingan antara luas kamar dan luas total (bruto) termasuk sirkulasi, servis, tangga darurat, dipatok angka tidak lebih dari 0,7 (di beberapa buku: Architect Data, Sistem Bangunan Tinggi dan TOR, punya standar yang berbeda-beda mulai dari 0,65 sampai 0,85) dan Hotel ini berhasil punya angka 0,69..! Cukup efisien..πŸ˜€

Awalnya agak bingung juga dengan suasana interior kamar kalau dinding luarnya melengkung, pasti suasana di dalam jadi aneh, tapi setelah dibikin jadi seperti di atas lumayan mengurangi keanehan, yang didapat justru suasana area bedroom semakin luas..πŸ˜‰

Yah..kesimpulannya ini desain coba-coba, dan saya juga ngga yakin ada yang mau membangun Hotel bintang 3 sungguhan dengan desain seperti ini.. Masalah nanti dapet nilai jelek, ngga masalah, yang penting bisa coba-coba.. Kalau masih kuliah kan paling cuma dapet nilai jelek, beda kalau udah dibangun, kalau kenapa-kenapa nyawa orang taruhannya..:mrgreen: Tapi ada satu syarat juga, kalau mau coba-coba yang aneh-aneh, harus bisa dulu bikin yang standarnya (ambil kata-kata pak EP)πŸ˜‰

Silakan komentar kalau ada saran dan kritik atau pendapat.. trima kasih..πŸ˜€


13 Responses to “Studio Arsitektur 5: Hotel..!”


  1. 10 January 2010 at 07:03

    Ternyata,arsitektur itu ruwet!ga cuma sekedar gbr saja rupanya-pake itung2an.Hwaduh..
    Lanjutken!

  2. 11 January 2010 at 17:24

    iya, tapi yang diatas itu baru itung2an sederhana, kalo beneran lebih rumit lagi.. yah kalo hotel nambah luas 1 m2 aja udah jauh lebih mahal biaya pembangunannya.. Oya arsitektur juga bukan cuma ngurus tentang bangunannya aja, sampai bagian kecil kayak handle pintu dan lubang kuncinya juga arsitek yang memberikan pilihan merk ke klien..πŸ˜‰

  3. 3 vieh_nida
    27 January 2010 at 08:52

    wah hebat,,yah,,gmanasih biar muncul konsepan2 yang keren…aku baru maw masuk mata kuliah SPA,,,tolong dong bagi2 pengalaman…heheh…biasanya suka cari info kemana aja,,thx

  4. 4 Galih
    27 January 2010 at 19:58

    he.. berdasarkan pengalaman, masih sulit juga nentuin konsep, kadang malah di akhir desain baru ketemu, padahal itu salah, harusnya konsep udah ditentukan di awal dan jadi pegangan dalam mendesain.. Mungkin langkah yang mudah:
    1. Identifikasi masalah (cari sebanyak mungkin masalah yang muncul dari desain yang sudah pernah ada)
    2. Tentukan konsep (ide apa yang bisa menyelesaikan masalah secara garis besar dan apa yang menjadi kelebihan desain kita dibanding yang lain)
    3. Cari penyelesaian (cari cara untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada melalui desain, dengan berpegang pada konsep yang sudah ada)
    Cari inspirasi bisa dari buku2 arsitektur, atau di link yang ada di atas itu ^ misalnya archdaily.comπŸ˜‰

  5. 5 vieh_nida
    29 January 2010 at 22:29

    nah itu dia ka…masalahnya ,,suka linglung kalo dah ada ide trus nganalisisnya,,,heheh,,suka sulit,,ka buku yang paling memberikan inspirasi dan paling jitu yang pernah di baca apa aja thx…maav ya saya nanya terus heheh….

  6. 6 Galih
    30 January 2010 at 12:16

    duh, jarang baca buku buat cari inspirasi tuh, paling cuma baca buku2 standard tentang utilitas, struktur, data arsitek, dsb..

  7. 20 February 2010 at 17:27

    salam kenal mas galih… hehe, begini… bagaimana jika anda juga mempublish karya anda di http://www.ruangarsitek.com. kita akan bantu publikasi karya dan blog anda…^^

  8. 8 Galih
    20 February 2010 at 19:02

    ^ Iya dulu pernah tau dari Forum AMI, berminat sih, tapi belum sempet, di bookmark dulu deh..πŸ˜‰

  9. 22 February 2010 at 00:45

    hehe, ga papa… data proyek di blog ini udah lengkap dan tinggal dipindahin kok, kalau mau… (biar tim admin aja yang ngurus) paling data2 diri aja… nama, univ, email.. hehehe

  10. 10 alex kevin
    25 October 2010 at 23:50

    wa wa wa,,,
    cm coba” sudah sebagus gini???
    hahaha

  11. 28 August 2011 at 08:04

    ympun,, kereen!!..trpesona lyt gmbar2x,, jd smakin pngen msuk arsiktektur,, sbnrx ribet gak sh kak msuk tknik arsitektur? bekal yang hrus d sypkn dr skrg ap y k’? klo bleh tw, kk kuliah dmna ini?

  12. 12 Galih
    30 August 2011 at 13:31

    yang ribet itu gimana ya? kalau dibalik, kuliah yg simple itu gimana, yang masuk kelas, dengerin dosen, garap tugas, kayak gitu tiap hari.. itu justru membosankan kan?

    saya kuliah di UGM, masuk semester awal diajak ke spot2 di kota jogja untuk latian gambar freehand, kelas kuliah biasa juga ada, ada juga tugas bikin maket struktur, ada studio desain, diajarin bagaimana presentasi desain yang benar, belajar software desain, belajar bikin maket, banyak kunjungan ke berbagai objek arsitektur, termasuk studytour ke singapur, kewajiban untuk magang kerja selama 2 bulan, dsb..

    silakan dinilai sendiri itu ribet atau gimanaπŸ˜‰

    *bekal yang harus disiapkan mungkin cuma niat dan kegigihan, karena semuanya bakal dipelajari dari nol di bangku kuliah..

  13. 2 July 2013 at 23:57

    You must also create a portfolio to show your creativity as
    well as imagination to the agencies. Unfortunately,
    there excellent times wouldn’t last long. This method of lighting allows certain areas of the screen to be dimmed, which makes all of the colors more vibrant.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Galih Winastwan’s Personal Blog

A simple blog, contains some articles about architecture, design, digital architecture and much more in Indonesian language..

Blog Stats

  • 79,634 kunjungan

Kalender

March 2010
M T W T F S S
« Jan   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

My Portfolio


view my portfolio:
coroflot.com/winastwan

%d bloggers like this: