26
Feb
09

Prospek Arsitektur Dijital di Masa Depan.. Menarik??

Labirin

Kalau saya ilustrasikan sih mungkin seperti gambar di atas..πŸ˜‰ Sama-sama ingin memecahkan suatu masalah, jika seorang arsitek menerapkan arsitektur dijital, dia seperti seorang yang memilih untuk berjalan di atas labirin daripada berjalan di dalam jalur-jalur labirin itu..πŸ™‚ intinya, dengan menerapkan arsitektur dijital, kita bisa mendapatkan efisiensi, efektifitas, kreatifitas, dan mempermudah memecahkan suatu masalah dalam desain.. (baca juga: arsitektur dijital)

Mengapa prospeknya bisa menarik seperti itu? Ya.. karena dunia dijital sangat erat hubungannya dengan teknologi, maka perkembangannya pun juga seiring pesatnya perkembangan teknologi.. Bahkan di masa depan, siapa yang tidak mengikuti perkembangan teknologi mulai dari saat ini, akan tertinggal dengan lainnya.. Karena itu mau tidak mau seluruh kalangan masyarakat harus mau menerima dan mengikuti perkembangan teknologi itu.. termasuk dunia dijital dalam arsitektur.. Arsitek yang menerapkan arsitektur dijital akan lebih mudah memenangkan persaingan di antara arsitek lain yang tidak menerapkannya..πŸ˜‰

Contohnya, jika ada 2 arsitek, A dan B, sama-sama ditawari sebuah proyek, arsitek A yang memanfaatkan arsitektur dijital berani menjamin proyek lebih cepat selesai dari B, hal ini dikarenakan arsitektur dijital memberikan efisiensi waktu, sehingga sudah pasti pemilik proyek memilih arsitek A.. Dalam kondisi lain, arsitek A dan B ditawari mengerjakan sebuah gedung sekolah misalnya, dengan bayaran yang sama, arsitek A yang memanfaatkan arsitektur dijital berani memberikan ide yang lebih kreatif dengan batas waktu yang sama dengan arsitek B, tentunya arsitek A lah yang akan memenangkan persaingan..

Itu jika berbicara saat ini.. apalagi di masa depan, dimana teknologi semakin berkembang, maka tidak diragukan lagi arsitek dijital akan lebih mudah memenangkan persaingan dengan memanfaatkan berbagai macam teknologi yang ada di masa depan..πŸ˜‰

Tambahan (25/01/10) tentang contoh peran dijital dalam arsitektur lihat di artikel ini..

Mungkin ada yang punya pendapat lain? Atau bingung? Silakan beri komentar di bawah..πŸ™‚


78 Responses to “Prospek Arsitektur Dijital di Masa Depan.. Menarik??”


  1. 1 nana
    10 October 2009 at 23:28

    hai..saya baru baca blog anda..
    sepertinya anda tau bnyk soal arsitektur, heeheheh..saya anak sma
    yang lagi bingung milih jurusan..mau nanya nih, kalo mo msk jurusan arsitektur
    apa hrs jago gambar?? susah ga sih msknya??
    eheheheh..thx before..

  2. 2 November 2009 at 03:57

    haha.. kalo bisa jago gambar lebih baik.. karena gambar itu metode ‘berbicara’nya seorang arsitek.. emang sekarang kebanyakan udah pake komputer/digital, tapi tetep freehand itu buat melatih pemikiran ruang (melalui perspektif dan bentuk), kepekaan pemilihan warna, sampe kepekaan pencahayaan (dari bayangan), yang ujung2nya meningkatkan kemampuan desain..πŸ˜€

  3. 3 Thier Tta
    22 November 2009 at 06:10

    Kak, numpang tanya ne. Saya ank sma yg mw tmat. Tp saya bgung milih jurusan karena guru saya (dg brbagai pertimbangan) menyarankan saya utk mmilih 3 jurusan, arsitektur, teknik sipil, dan perencanaan pengembangan wilayah tata kota. Klo bleh tw yg mana se yg bnar2 menjanjikan, prospek nya cerah, dan gitulah pkoknya kak. Mhon djawab y kak!
    Trus klo boleh tw, arsitektur atw teknik sipil yg bagus di perguruan tinggi mana kak? Trima kasih y kak!

  4. 27 November 2009 at 10:06

    Tergantung minat dan bakat juga sih, kalo bener2 pengen ‘teknik’ itu masuk sipil aja, banyak itung2annya, kalo arsitektur itu tekniknya ada, tapi olah desain juga ada, kalau ngeliat kerja otak, sipil itu bener2 cuma pakai otak kiri, kalau arsitektur pakai otak kiri dan kanan.. Kalo perencanaan itu mungkin ‘teknik’nya malah sedikit, kebanyakan kayak sosialnya gitu..

    Nah tinggal pilih, kalo jago mikir ya masuk sipil aja, kalo ada bakat desain, bakat gambar, masuk ke arsitektur, kalo suka yang sosial masuk ke perencanaan.. Oya kalo masuk arsitektur kalo bisa ada bakat gambar ato desain gitu, penting banget tuh..

    Prospek kerjanya, mungkin sipil dan arsitektur mirip2, buka usaha sendiri atau ikut biro arsitek atau masuk ke proyek2.. Beda kayak Elektro mungkin bisa masuk perusahaan2 besar, kalau arsitek dan sipil bisa dibilang personal.. Prospek kerja mungkin lebih gampang kayak Elektro, Industri, dll. tapi kalo bisa bersaing dengan yang lain, jadi arsitek ato sipil bisa lebih sukses.. Kalo perencanaan sih biasanya masuk instansi pemerintah gitu..

    Arsitektur paling bagus Unpar (Parahyangan Bandung), trus ITB, trus UGM..
    Kalau Sipil paling bagus ITB, trus UGM..

    Semoga membantuπŸ˜‰

  5. 5 12124
    11 December 2009 at 12:11

    KaK…q NuMppang TAnYA,,,,
    Lo dbndingin ARSITEK m DESAIN KOMUNIKASI VISUAL..enAgx yng mna yach…???dr proSPEKx JG…!
    sOalX Aq bKAT bget M nGAMBbar,Selain TU q Jg SnEnG ngItUNg2….

  6. 6 Galih
    12 December 2009 at 16:21

    Wah ga tau banyak tentang DKV, tapi kalo bakat gambar sm suka ngitung2 mending masuk Arsitektur aja, dijamin sukses..πŸ˜€

  7. 3 January 2010 at 11:06

    Arsitek merupakan sang ahli design, karena ia telah dibekali dengan phylosophy dan typology dalam design arsitektur sehingga bisa mendesign apa saja. Ibarat orang indonesia bisa membuat lyric lagu orang cina, orang afrika, orang india dan lain lain, dan kata katanya sang sipillah yang nyusun selama masih dalam toleransi konsep design.sang arsitek. Thanks. Timor Leste

  8. 8 eza
    8 January 2010 at 14:26

    susah gak ngambil jurusan arsitek???
    apa ilmu yang diperlukan???

  9. 9 eza
    8 January 2010 at 14:27

    susah gak ngambil jurusan arsitek??
    apa aja ilmu yang di perlukan???

  10. 8 January 2010 at 23:10

    @ Tome Goncalves
    Salam sukses buat arsitek2 di Timor Leste.. Terima kasih sudah berkunjung..πŸ™‚

    @ Eza
    Gampang atau susah itu tergantung orangnya juga, kalau memang benar2 tertarik dan senang dengan arsitektur, apa pun yang sulit pasti akan terasa mudah..πŸ˜‰ Ngga ada ilmu khusus yang dibutuhkan, cuma dituntut kreatifitas dan kepekaan rasa terhadap segala hal yg dibutuhkan dalam desain..

  11. 11 plisskin
    21 January 2010 at 18:10

    nggak juga tuh.. skrg orang2 dah mulai bosen sama renderan, mungkin kalo CAD masih dipake ya… tapi sketsa sudah mulai dihargai lagi koq..buktinya tuh norman foster lebih milih orang yg jago sketsa daripada jago render

  12. 12 Luqman
    23 January 2010 at 02:25

    ,kak,
    numpang tanya,
    .,bagusan mana arsiteknya UNDIP ma UGM.??
    .
    Kalo bakat gambar, aku cuma ada gambar wajah,.,
    .,,ada kemungkinan masuk arsitek ndak?,,

  13. 23 January 2010 at 12:03

    @ plisskin
    Memang, sebagai mahasiswa arsitektur, saya sendiri juga merasakan kemampuan sketsa bukan sekedar masalah coret2 render2, tapi dengan memiliki kemampuan sketsa, kita bisa memiliki pemikiran dan feeling terhadap desain yang lebih baik.. Nah maksudnya disini, teknologi itu bisa lebih membantu, jika kita melihat ilustrasi di atas, katakan saja A dan B jago sketsa, tentunya dengan adanya kemampuan lebih di dunia digital akan lebih membantu A untuk memenangkan persaingan..πŸ˜‰
    Untuk contoh peran dijital dalam arsitektur bisa baca di artikel ini: https://winastwan.wordpress.com/2010/01/25/dukungan-teknologi-untuk-arsitektur/

    @ Luqman
    Yang saya tau dari UNDIP, disana tidak diharuskan seorang mahasiswa untuk menguasai teknik sketsa, itu perbedaan dengan di UGM, padahal teknik sketsa itu merupakan hal penting yang mendasar buat seorang arsitek, bukan produknya yang berupa coret2, tapi bagaimana seseorang berpikir untuk mencoret2 itu, disitulah kemampuan mendesain terlatih..πŸ˜‰ Contoh lebih baik lagi di UNPAR (Parahyangan Bandung), dari awal tes masuk udah ada tes sketsa, mungkin itu yang membuat UNPAR saat ini berada di posisi teratas..πŸ™„

  14. 14 Luqman
    23 January 2010 at 23:53

    ,o gtu ya kak,.,
    .Jadi prosesnya juga menentukan hasil,,
    .
    ,,mungkin kakak punya kiat kiat buat bisa ngembangin bakat sketsa dan corat coret gitu.,..,?,

  15. 24 January 2010 at 17:51

    @ Luqman
    Ngga ada cara lain selain banyak latihan, practice makes perfect..!πŸ˜‰

  16. 16 Angelin
    17 February 2010 at 15:23

    hem amu tanya
    prospek kedepan untuk anak arsitektur di zaman sekarang ini bagus gak sih?
    atau tergantung kita dan hoki kita?

  17. 17 Galih
    17 February 2010 at 16:22

    tergantung Anda dan hoki Anda *berdasarkan pengalamanπŸ˜‰

  18. 11 May 2010 at 10:53

    tanya kak! klu arsitektur UI apa kekurangannya ?

  19. 19 Galih
    11 May 2010 at 18:37

    Wah kurang tau juga sih, dulu cuma tau katanya Arsitektur Unpar terbaik, itu juga berdasarkan KOMPAS tahun 2006an.. Dimanapun dan sebaik apapun universitasnya yang paling berpengaruh itu orangnya kok..πŸ˜‰

  20. 20 ila
    6 August 2010 at 20:59

    Kak mau nanya saya jg siswa sma kelas3 bimbang nih antara jd arsitek ato jd guru..arsitek adalah cita2 saya sejak sd kelas3 saya udah suka bikin denah2 rumah..disketsa dan hitungan okelah saya suka dan nyaman..nah bingungnya saya th kn perempuan jd apa perempuan terlalu berat untuk jd arsitek?dan jga prospek kerjanya menjanjikan gak?sya gak mau kuliah arsi sia2, kalo misalkn ujung2nya sya hanya jd seorang ibu rumah tangga..maksh mhon jawabannya

  21. 21 Galih
    10 August 2010 at 21:53

    wah2 kok jadi kayak psikolog gini, hehe.. kalo buat perempuan saya kurang tau juga ya, tergantung orangnya kok, jadi ibu rumah tangga juga bisa sambil ngerjain proyek.. kalo emang udah suka dari dulu kenapa ragu2, terusin aja..πŸ˜‰

  22. 22 saza
    27 October 2010 at 18:59

    Misi kak,
    seperti yang kk bilang di atas tadi, software yang bisa menunjang kemampuan arsitek itu apa aja ya???

    Trus, klo kuliah di arsitektur kyak mana sih gaya kuliahnya?? Soalnya klo saya merasa g mampu di tengah jalan bs brabe…

    Makasih atas potingan blognya (termotivasi)

  23. 23 edgar sebastian
    1 April 2011 at 14:59

    mau nanya nih. Saya dari dulu suka gambar, tapi saya hanya bisa/dpt dibilang bisa membuat bidang-bidang dari pada membuat gambar yg dpt dikatakan tdk ada unsur bidangnya, dan tekad pun nanti mau ngambil arsitektur (Unpar, Bandung) yang mau saya tanyakan kalau saya nanti saya masuk ke dunia kearsitekturan apakah menggambar selain gambar bisang itu diperlukan? Dan tes sketsa< maksud nya apa? thanks.

  24. 24 thaufanna
    25 August 2011 at 10:36

    mw nanya donk, kalo misalnya kita ada bakat di gambar, tapi gak terlalu sih, nah apa ntar itu berpengaruh sama kuliah kita? trus, mungkin gak bakat gambar itu akan berkembang seiring berjalannya kuliah di arsitektur.. trus gimana kalo jd interior design? kelebihannya apa ya? trmksh..

  25. 25 Galih
    27 August 2011 at 21:38

    kayaknya ‘ada bakat gambar’ aja udah cukup kok, soalnya nantinya di kuliah diajarin juga gimana teknik gambar khususnya arsitektur, jadi pastinya akan berkembang sendiri.. sebenarnya arsitektur juga mencakup interior, tapi kalau emang kuliah khusus interior kayaknya lebih ke pemilihan material, pengalaman ruang, dan detail..

  26. 26 thaufanna
    28 August 2011 at 07:48

    ,, kalo mengenai prospek kerja d teknik sipil atau arsitektur bagaimana di masa yang akan datang? trmkasih sblumnya ats jwbnx…πŸ™‚

  27. 27 Galih
    30 August 2011 at 13:54

    maap sebelumnya buat saza dan edgar, nggak kebaca komennya jadi baru dibales sekarang..

    @saza software yang biasa dipakai:
    – modelling 3D : yang umum dipakai 3Ds max atau sketchup..
    – modelling 2D : AutoCAD
    – rendering : Vray (plugin buat software modelling 3D)
    – editting gambar : photoshop
    – layout : Coreldraw
    Bisa menguasai yang di atas udah cukup kok..

    Kuliah di arsitektur kayak gimana? saya copas dari komen saya di postingan sebelah ya:
    …masuk semester awal diajak ke spot2 di kota jogja untuk latian gambar freehand, kelas kuliah biasa juga ada, ada juga tugas bikin maket struktur, ada studio desain, diajarin bagaimana presentasi desain yang benar, belajar software desain, belajar bikin maket, banyak kunjungan ke berbagai objek arsitektur, termasuk studytour ke singapur, kewajiban untuk magang kerja selama 2 bulan, dsb…

    @edgar
    Maksudnya gambar yang nggak ada unsur bidangnya gimana ya? Kalau yang dimaksud gambar bidang itu gambar 2 dimensi, berarti kamu merasa kurang di gambar 3 dimensi (ruang, perspektif)? Dalam arsitektur yang penting itu justru gambar perspektif, walaupun ada juga kebutuhan gambar bidang seperti gambar denah, dsb.. Menggambar dalam arsitektur sebenarnya intinya untuk melatih berpikir ruang, dengan melihat kenyataan (3D), kita menggambarkannya menjadi gambar 2D karena media kertas kan datar..

    Saya dulu juga ikut tes di unpar dan diterima.. tes sketsa dulu diminta menggambar 3 objek yang digambar secara perspektif (menggambar tabung, bola, gelas, piramid, dsb) dengan material yang berbeda2 ditunjukkan melalui tekstur objek tersebut (kayu, batu, gelas, dsb).. lalu juga ada tes menggambarkan lagu ‘naik2 ke puncak gunung’ beserta deskripsinya..

    semoga berguna..πŸ˜‰

  28. 28 Galih
    30 August 2011 at 14:00

    @thaufanna
    Prospek kerja sebenarnya sama kayak bidang lain, asalkan bisa bersaing dengan yang lain dan menjadi yang terbaik tentunya gampang dapet kerja sesuai tempat yang diinginkan.. Bedanya kalau jurusan lain di job fair banyak lowongan2 pekerjaan, sedangkan arsitektur bisa dibilang nggak ada, paling kalaupun ada perusahaan besar yang masuk BUMN.. tapi kebanyakan lebih suka kerja di biro2 dan studio2 arsitek terkenal.. Ada juga yang masuk ke developer, kontraktor, dsb.. itu tergantung pilihan dan kemampuan yang bisa dilihat setelah kuliah..

  29. 25 September 2011 at 13:43

    kak.. mau tanya, saya dari dulu berminat arsitektur, tapi saya sekarang terjebak dan menyesal dengan jurusan yang saya ambil(penddikan biologi) dan sampai sekarang keinginan mnjadi arsitek semakin besar. namun yang saya takutkan prospek kerjanya arsitek ke depannya kata ortu saya kurang jelas dan mereka bilang saya prempuan cocok jadi guru aja. Padahal saya sangat suka menggambar dan sudah bercita cita jadi arsitek semenjak SD. Lalu apa yang harus saya lakukan sekarang kak??

    kemudian masuk arsitektur biayanya makan duit banyak gak?? thanks

  30. 30 Galih
    26 September 2011 at 19:08

    kalau boleh tau udah berapa tahunya di jurusan biologi? kalau baru setahunan ya beralih aja ke arsitektur, tapi kalau udah mau lulus ya ditamatin dulu biologinya baru coba2 ke arsitektur.. background pendidikan biologi kayaknya bisa jadi bekal kalau mau masuk arsitektur lanskap (landscape), mungkin nggak harus lewat pendidikan formal, tapi coba2 kerja dan otodidak.. yang kuliah arsitektur aja banyak kok yang akhirnya kerja di luar bidangnya..πŸ˜‰

    kuliah di arsitektur nggak lebih mahal dari jurusan lain kok, sekarang bisa dibilang kebutuhannya sama, paling laptop, alat tulis biasa juga cukup. Sedikit butuh duit mungkin waktu bikin maket..

    mungkin begitu, maaf kalau tidak banyak masukan, maklum saya juga masih mahasiswaπŸ™„

  31. 31 Anonymous
    9 October 2011 at 18:35

    Kak,saya punya keinginan masuk arsitektur,tapi saya hanya punya sedikit kemempuan menggambar,latihan apa yang cocok untuk meningkatkan kemampuan menggambar saya?
    TerimaKasih atas sarannya…

  32. 32 Galih
    10 October 2011 at 18:30

    Latihan sketsa, terutama perspektif, boleh objek apa aja.. Tapi biasanya waktu kuliah juga belajar sketsa dari awal kok..πŸ™‚

  33. 33 Anonymous
    14 October 2011 at 13:45

    om mau nanyak. lagi galau milih jurusan taun depan dah kuliah ni.. ngincar UGM,pinginnya arsitektur, suka gambar. oke bro
    kira-kira UGM bagus gak om buat jurusan arsitek??
    trus prospek kerjanya arsitek gimana ke depannya?
    gaji seorang arsitek kira2 berapa ya?

  34. 34 Galih
    15 October 2011 at 16:53

    ehm, saya masih mahasiswa, juga di UGM (angkatan 2007).. Berarti ntar situ masuk angkatan 2012 ya?

    hmm.. menurut saya sih UGM cukup bagus juga jurusan arsitekturnya.. tinggal mahasiswanya yg niat kuliah apa nggak.. mulai angkatan 2009 sih sistem pembelajarannya sudah lebih baik, mungkin ada yg merasa ‘diperketat’ aturan2nya, tapi percaya deh itu untuk kebaikan dan peningkatan kualitas mahasiswanya juga..

    prospek kerja arsitek macem2, kebanyakan masih kuliah udah sambil magang2 kerja, lulus bisa masuk konsultan arsitek, setahun dua tahun trus ada yang keluar negri balik2 bikin konsultan arsitek sendiri.. ada juga yg nggak suka jadi arsitek, bisa masuk developer.. ada juga yg masuk kontraktor, dsb..

    untuk gaji sebenarnya saya juga belum bekerja sebagai fresh graduate (lulus aja belom) tapi kalau magang dengan status sebagai mahasiswa kira2 Rp750.000 – Rp 1.500.000 per bulan di Jogja.. denger2 kalau udah fresh graduate mulai 3 jutaan di Jakarta dan Bali.. kalau udah sukses punya konsultan sendiri, denger2 salah satu dosen saya omzet per tahunnya Rp 4M bro..πŸ˜€

  35. 35 Yuri
    25 October 2011 at 21:49

    Ka Galih mau nanya nih, tahun ini gw kan lulus SMA saya bener” tertarik masuk Arsitektur, soalnya kalo udah ngegambar prespektif trus objectnya terlihat berdimensi itu kyknya indah bgt. Saya bisa gambar perspektif tapi kalau ada contohnya doang jadinya bisa 95% sama persis. Kalau gk nyontoh, itu pun liat bangunan yg ad d sekitar kayak seperti ruang kelas. Kalo saya mau bkin gambar bangunan yang bener” punya inovasi dari ide sendiri tanpa nyontoh, itu gk bisa idenya tuh g muncul”, g ad gambaran di kepala gitu untuk nyiptain model” bangunan yang unik dan menarik. Itu gmna ya?padahal suka ngayal. Jadi *Dilema @.@

  36. 36 Galih
    26 October 2011 at 00:45

    @ Yuri

    Itu berarti kamu udah bisa menggambar dari 2D (gambar di bidang kertas) ke dalam gambar 2D lagi (gambarmu). Sedangkan yang kamu merasa belum bisa itu menggambar objek asli (3D) ke dalam gambar 2D, iya kan? Untuk bisa menggambar 3D ke 2D itu butuh daya pikir ruang, berpikir secara perspektif. Santai aja, masuk jurusan arsitektur di semester pertama diajarin gambar perspektif dari nol kok. Sampai akhirnya (dalam 1 semester) kamu bisa menggambar 3D ke 2D..πŸ˜‰

  37. 37 Anonymous
    30 October 2011 at 01:42

    masuk uii aj

  38. 38 fina ummi sholihati
    10 November 2011 at 13:10

    kalau univ swasta d jkt yg bgus untuk arsiteknya mna ya?

  39. 39 Galih
    12 November 2011 at 18:06

    @ fina

    kurang tau juga ya, Univ. Tarumanegara kayaknya..

  40. 8 December 2011 at 15:20

    kak, saya sngt tertarik sma arsitektur nih, suka gmbar, tpi matimatika saya jelek, hnya bab yg 3 dimensi sja sya nymbung.. gmana peran matematika di arsitektur ini kak? sya tkut ntar milih arsitektur malah gak bisa nympek matematikanya, apalagi trigonometri😦 padahal pngin bangett.. gmana ya kak? mhon sarannya..

  41. 41 Galih
    11 December 2011 at 13:39

    kalau saya pribadi sih bisa dibilang jarang pake matematika, paling cuma + – x :πŸ™„ apalagi trigonometri, kayaknya nggak pernah pake deh.. Bisa hitung luas dan volume cukup kok..

  42. 11 December 2011 at 20:53

    owh, gitu.. ywd makasiπŸ™‚

  43. 43 sasa
    27 January 2012 at 20:41

    kak kalo arsitektur landscape itu gimana ? apa beda nya sama arsitektur yg biasa ?

  44. 44 Galih
    28 January 2012 at 20:28

    ya lebih ke perencanaan landscape, ilustrasi gampangnya kalau sebuah rumah, arsitek landscape menangani halamannya..

  45. 29 January 2012 at 11:38

    halo gann.. mo tnya2 nih..
    klo PTS yg arsiteknya bagus d Indonesia dmn y?espesialy di jateng-diy cos rumah di Pwdd kan deket hoho..klo bleh di list y.
    atma jaya ama duta bgus mn?
    thx.. Gbu

  46. 46 Galih
    29 January 2012 at 19:38

    Duh gimana ya, bagus nggaknya tergantung orangnya kok sebenernya.. tapi kalo ‘kata orang’ sih paling bagus Unpar Bandung.. Kalau di jateng-DIY ada atmajaya, dutawacana, UII.. nggak tau juga bagus mana, cuma setau saya di dutawacana ada dosennya pak Eko Prawoto yang cukup terkenal.. kenapa nggak coba UGM?πŸ˜‰

  47. 29 January 2012 at 20:26

    haha, pngennya di UGM tp buat jaga2 gt..
    susah g ya msuk ugm?
    lha agan dulu masuknya lewat jalur apa? siapa tau bs dpt tips dari agan hehe..

  48. 48 Galih
    31 January 2012 at 22:00

    Dulu saya lewat jalur UTUL (ujian tulis), waktu itu kayaknya cuma bisa garap 60% dari semua soal deh, eh tapi keterima, hehe.. Tips apaan ya, mungkin cuma satu sih, kalau memang niatnya masuk Arsitektur, dari 3 input pilihan jurusan, diisi Arsitektur aja semua.. Daripada ntar dapet pilihan 2 atau 3 yang nggak cocok, malah bikin pikiran.. Tapi kalau memang ada pilihan ke-2 atau 3 ya nggak masalah.. Dan jangan berpikiran menaruh jurusan favorit di pilihan ke-2 atau 3 akan memperbesar peluang masuk ke jurusan favorit itu, salah2 malah masuk jurusan di pilihan pertama yang sebenarnya bukan favoritmu..πŸ™„

  49. 1 February 2012 at 14:31

    emm, ya betul jg ya…bulat tekad..
    lho dulu agan SMA mn ?
    thx gan buat sarane..hehe

  50. 1 February 2012 at 14:33

    o iya lupa..
    maket2 mu keren gan..hehe
    biasae 1 maket, dari perencanaan sampe bener2 done butuh waktu berpa lama?

  51. 51 Galih
    2 February 2012 at 17:24

    SMA Regina Pacis (Ursulin) Solo.. Rata2 bikin maket butuh waktu minimal 3 hari sampai seminggu.. Terakhir bikin maket tugas akhir udah coba pakai lasercutting, jadi bisa lebih cepet, kapan2 dishare dehπŸ™‚

  52. 3 February 2012 at 21:11

    haha, ok gan.. thx..
    apa lah itu lasercuttng, but that’s so intersting..haha..
    i m waiting ur sharing..

  53. 53 not perfect
    4 March 2012 at 18:58

    kak..
    saya mau nanya…
    peluang masuk ugm lewat jalur undangan gmna kak??
    dibidang arsitektur..
    apa ada nilai2 khusus untuk menembus fakultas arsitektur..soalnya saya tertarik mw masuk fakultas arsitektur..
    makasii

  54. 54 Galih
    6 March 2012 at 21:35

    jalur undangan itu apa ya?? saya kurang tau masalah peluang masuk, pernah denger tentang urutan passing grade, tapi juga nggak terlalu perhatian..

    NB: Arsitektur itu jurusan, fakultasnya TeknikπŸ™‚

  55. 55 willy
    1 May 2012 at 13:36

    kak, mau nanya nih. saya berencana untyk mengambil jurusan arsitektur di parahyangan lewat USM gel 2. apa saja yang diperlukan ketika test ujian masuk? apakah harus memiliki dasar matematika yang bagus?

  56. 56 Galih
    1 May 2012 at 22:43

    kalau dulu sih tes matematika sama seperti ujian pada umumnya.. yang penting tes sketsa kali ya kalau masuk arsitektur..πŸ™‚

  57. 57 kholid
    3 June 2012 at 22:32

    ka’ mau tanya, suka duka nya jadi mahasiswa arsi apa aja yaa?
    pengen tau lebih dekat dunia arsi ni, ya walopun masih kelas 10πŸ˜€

  58. 58 Ann
    19 July 2012 at 23:09

    Bikin Semangat lagi nih,, Dulu sama sekali gak da bayangan,, Tentang Fakultas Teknik..
    Kak mau tanya, saya ingin di Fakultas Teknik, dan antara ke 3 jurusan tadi saya masih bimbang mau milih yang mana.?
    Saya suka menggambar dan kemampuan lumayan lah, perspektif udah pernah diajari di sekolah, soal matematika juga lumayan.
    Tapi, kelemahan saya kurang Percaya Diri berbicara di dpan umum,trus kalau soal matematika kadang kurang teliti, Dari ke3 jrusan tadi paling cocok buat saya yg mana ya? (dari segi Prospek, kemampuan saya) Saya merasa kebanyakan cowok lebih kreatif dari cewek, krna itu kebanyakan arsitektur terknal itu Laki-laki, sedang saya perempuan.
    Oh ya kak, saya punya program Archicad , itu cocok utk arsitektur gak ya?, Trus kalau mau belajar software Digital yg tadi gmana?
    Makasih infonya., Maap kbanyakan nanya. Hehehe :p, SEMANGAT!!

  59. 59 Galih
    20 July 2012 at 21:59

    3 jurusan yg mana ya??

    Jurusan arsitektur sebenarnya bisa dibilang berat, bukan dari segi ilmu tapi manajemen waktu.. Dari mulai kuliah udah lembur2an, dan ketika sudah kerja (kalau jadi arsitek) juga semakin berat.. Dibandingkan jurusan di teknik lain yg kuliahnya santai, secara finansial ketika kerja juga arsitek di posisi terendah..

    Alasan seseorang berprofesi sebagai arsitek adalah passion di bidang desain, keinginan untuk berkarya, impian yg tinggi.. Dan kalau niat memang itu bisa tercapai..

    Nah kalau memang punya impian dan passion kesana ya silahkan menjadi arsitek.. Tapi kalau setengah2 ya mending ke jurusan lain.. Kemampuan gambar perlu, tapi yang terpenting justru logika berpikir ruang (basicnya perspektif), estetika, dsb.. Matematika nggak terlalu penting..

    ArchiCAD salah satu software yg berbasis Building Information Modelling, bisa pelajari tutorial yg ada di websitenya.. Kalau bisa menguasai boleh dibilang nilai plus.. Tapi yg sederhana dan banyak dipakai saat ini hanya sketchup dan autocad..

  60. 10 August 2012 at 21:59

    k’ mau tanya, aku mau masuk kulia tp masi bimbang pilih jurusan, soalnya aku tamatan smk jurusan multimedia, tp aku ada keinginan masuk arsitek, tp aku juga gk terlalu pandai mengambar tp suka dng hal2 yg bersifat bangunan, bgimna nhi k’???, please,,,,,!! di bantu ya,,,,

  61. 61 Galih
    10 August 2012 at 23:38

    Memang sekarang menggambar free hand jarang dipakai, tapi untuk mengasah insting desain kemampuan itu diperlukan.. Latar belakang lulusan smk multimedia tidak jadi masalah, toh ilmu yg dipakai di jurusan arsitektur bersifat pengetahuan umum, justru mungkin ada aspek multimedia yg bisa menjadi nilai lebih di bangku kuliah.. Tapi perlu diketahui menjadi mahasiswa arsi lebih berat dari jurusan lain, apalagi setelah kerja.. Justru lulusannya banyak yg nggak berkarir menjadi arsitek, misalnya ada yg ke trans corp, yg mungkin sejarusnya dimulai dari multimedia.. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan..πŸ˜‰

  62. 62 Dewi Kania
    18 September 2012 at 12:09

    kak, saya kelas XII SMA, kalo lulus saya minat ke teknik arsitektur.
    kira-kira apa aja sih yang dipelajari? perlu keahlian khusus gak?

  63. 63 Galih
    18 September 2012 at 12:54

    Teknik sketsa, perspektif, beberapa software modelling dan drafting, tapi itu semua nanti memang diajarkan dari awal di bangku kuliah..πŸ˜‰

  64. 64 Restu
    30 October 2012 at 15:14

    ka mau tanya,
    apakah akan efektif bila memilih jurusan arsitektur tetapi mengambil jadwal kuliah jam karyawan (17.00 s/d 21.00, malam) dikarenakan sya pagi s/d sore kerja,
    peluannyaa nanti dan prospeknya akan berbeda tidak dengan yang mengambil jam reguler? atau itu tergantung dr individu tersebut?

  65. 65 Andri.krndx
    25 January 2013 at 18:25

    kak,,, saya smk nya jurusan multimedia,,, tp nanti apa bisa saya melanjutkan kuliah dengan jurusan arsitektur??
    Apakah cocok??
    Kalo soal gambar pake tangan n pensil… Saya msh agak susah gambar bangunan… Tapi kalo lewat komputer… Saya masih bisa Sdkit2 memakai software sketchup…
    Gimana dong kak?
    Pngen bngt soalnya jd arsitektur,,, berawal dari cita2 hehehe

  66. 9 February 2013 at 19:39

    Kak, saya siswa kelas 12,saya rencana masuk arsitek its kak
    apakah seorang mahasiswa arsitek kalo pulang kampus selalu malem2 atau bahkan lembur?
    terus peluang kerja arsitek bagi seorang cewek apa banyak d butuhkan?

  67. 67 Galih
    10 February 2013 at 11:43

    Kalau jam kuliahnya tentunya sudah ada standarnya nggak mungkin melebihi aturan yg ada, jadi nggak mungkin lembur2 di kampus sampai malam.. Tapi tugas2nya memang banyak, itu yg membuat kita harus lembur dan dikejar deadline, tapi itu bisa dilakukan di rumah/kos, kecuali kalau kita memang menggunakan fasilitas yg ada di kampus.. Tugas dan deadline itu juga membiasakan dan menyiapkan kita untuk terjun di dunia kerja yg memang iklimnya seperti itu.. kalau pun akhirnya nggak berminat menjadi arsitek, lulusan jur asitektur tetap bisa masuk ke bidang kerja lainnya.. Co/cewe dipandang setara di dunia kerja arsitektur.. Yg penting punya passion dalam dunia desain dan engineering pasti berhasil menjadi arsitek.. Tapi kalau dari awal dipaksakan mending ambil jurusan lain yg lebih santai..πŸ˜‰

  68. 68 jayadi
    13 February 2013 at 19:28

    wahh.. kdengaran.y bgus juga nih pmbahasan.y kaka sama anak2 lain..! hehe jadi gini yah kak sya ini sudah klas 3 dan berencana untuk lanjut di UGM fakultas teknik arsitektur..! tpi masalah.y sya bingung stelah smpai di sana so. sya ini anak sulawesi.. nahh di sini sya brtanya kak g mana caranya. agar supay nanti.y saya ga merasa gerogi stelah smpai di sana mungkin bagi kak gmpang untuk cari teman di sana so.kak emang udah pngalamn dengan budaya di sna.. tpi klo sya gi mna dongk mohon saranya yah kak….

  69. 69 Galih
    14 February 2013 at 19:18

    Tenang aja di UGM nggak cuma orang dari jawa kok, yg dr luar jawa jg banyak, dan nggak ada masalah dgn itu, saya sendiri jg dulu dari Pekanbaru. Yg dari luar jg akhirnya merasa Jogja seperti rumah, so welcome to JogjaπŸ˜€

  70. 70 santi
    30 September 2013 at 20:31

    mau nnya nih kakπŸ™‚
    prospek kerja arsitek selain merancang sebuah bangunan apa?
    biasa’a perusahaan” menyediakan lowongan ga buat arsitek?

  71. 23 October 2013 at 23:42

    kak, maaf agak out of topic nih..
    boleh tau apa beda arsitektur sama arsitektur lansekap itu kayak gimana?
    saya mahasiswi arsitektur di salah satu PTN, masih maba dan masih agak bingung bedain dua itu.. mohon penjelasannya, kak, makasih..πŸ™‚

  72. 72 Galih
    2 November 2013 at 23:09

    Mulai dari yg terkecil desain produk, interior, bangunan, sampai masterplan atau urban design.

    Yang pasti di konsultan arsitektur terbuka lebar, lainnya bisa masuk ke developer, supplier bahan bangunan, kontraktor, atau inhouse di perusahaan non property. Misal jadi arsitek inhouse di operator seluler, jadi desainer booth2 mereka atau kantor2 cabang mereka, dsb.

  73. 73 Effendy W
    8 December 2013 at 13:05

    Kak mau tanya nih.
    Matematika dan fisika teknik kan ada dalam sks teknik arsi, menurut kakak susah nggak ?

    Kak saya mau tanya, emang kalo arsi indonesia suksesnya kebanyakan di jawa ? Soal saya berdomisili di sulawesi tengah.

    Biasanya kak kalo mengambar desain untuk bangunan rumah nih bagi yang udah lulus arsi, bayarannya berapa yah kak ?

    Thanks kak buat infonya.
    HeheheπŸ˜€
    Majo terus arsi indo !

  74. 74 wilka tarigan
    3 January 2014 at 16:03

    saya mau nanya, kalau tes masuk unpar bandung itu tes matematika dan fisika gimana ya ? kalau mau nyari contoh-contoh atau kumpulan soalnya dimana ya yang khusus usm arsitekturnya, soalnya udh di search tapi ga ada, kalau bisa kasi tau alamat web ya ,soalnya tgl usmnya udh mau deket, tolong dibalas ya ,makasi sebelumnya

  75. 75 dilaah
    11 February 2014 at 19:35

    salam jabat erat kakπŸ˜€ Gue mahasiswi arsi jg. gue seneng design n analisis. pokoknya arsi ini udh bnr2 jiwa gue banget. tp mslhnya, dr banyak artikel yg gue baca, lu2san arsi itu gajinya palling rendah dr lu2san teknik yang lain. bikin gue galau. kalau lu2sn arsi kerja di perencanaan ilmu arsinya msh banyak kepake ga? kao di developer biasanya kerjanya aja apa aja?? thanks kakπŸ˜€

  76. 76 Galih
    11 February 2014 at 20:56

    Iya memang rata2 begitu, tapi tergantung lulusan itu bisa cari celah dan peluang juga. Misal saat ini di Indonesia masih jarang yg menguasai BIM, kalau kita menguasai itu bakal dicari2 perusahaan dan dibayar besar. Bisa juga masuk ke wilayah yg non mainstream misal jadi inhouse di suatu perusahaan non property, sebagai spesialis tentu dibayar tinggi. Tapi semua ada tahap2nya, mungkin tahun2 awal masih terjun di konsultan dengan gaji rendah, sampai dianggap memiliki pengalaman kerja..

    Ilmu di kuliah sebagai basic pasti dipakai, tapi di dunia kerja banyak yg harus dipelajari lagi..

    Developer bisa dibilang mainstream juga, kalau masuk dalam program development karyawan yg biasa ada di developer mungkin gaji nggak terlalu besar, beda kalau masuk langsung ke posisi tertentu, tapi mungkin perlu pengalaman kerja sebelumnya. Kerja di developer macem2, dari proposal, membimbing desain, review, kalkulasi desain, sampai marketing..

  77. 77 najat
    21 February 2014 at 14:32

    maaf mau nanya kak, BIM itu apa yah?

  78. 78 najat
    21 February 2014 at 14:38

    kalau dilihat dari segi seni, arsitektur interior atau arsitektur yang lebih sangat mengutamakan? bagaimana kita tahu kita lebih mampu di arsitektur atau interior?
    mohon jawabannya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Galih Winastwan’s Personal Blog

A simple blog, contains some articles about architecture, design, digital architecture and much more in Indonesian language..

Blog Stats

  • 79,634 kunjungan

Kalender

February 2009
M T W T F S S
    Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

My Portfolio


view my portfolio:
coroflot.com/winastwan

%d bloggers like this: