15
Oct
11

Studio Tematik 2: Elderly Housing

Okee.. setelah 1 tahun tanpa posting artikel, sekarang mulai lagi dengan hasil karya mata kuliah Studio Tematik 2.. Namanya ‘tematik’ tentunya ada tema yang berbeda-beda setiap dosen pembimbing.. Nah secara nggak sengaja saya dapat tema tentang PANTI JOMPO.. :mrgreen: Sebenarnya bisa milih juga, tapi karena waktu pendaftaran dan milih dosen posisi saya masih kerja praktek di LABO Bandung, jadinya dapet dosen sisa..

Bicara tentang panti jompo – atau lebih halusnya panti lansia – tentunya bicara tentang aksesibilitas.. Aksesibilitas itu adalah ‘sesuatu’ yang memungkinkan para difable untuk beraktifitas secara mandiri.. :roll: Yah.. boleh lah, setidaknya saya mengerjakan sesuatu yang sebelumnya tidak terlalu saya perhatikan..

Lokasinya berada di Kota Solo, tepatnya di kampung batik Laweyan, deket rumah si mbah.. :D Selain jalan-jalan survey site ke Solo, kelompok Studio juga survey ke beberapa panti lansia yang ada di Jogja dan Solo.. Potensi yang ada dari site ini adalah budayanya yaitu merupakan sebuah kampung batik..

Langsung masuk ke konsep.. Jadi seperti sketsa di atas, konsep yang saya tawarkan berupa sebuah interaksi antara penghuni panti lansia dengan lingkungannya.. Digambarkan housing untuk penghuni berada di perbatasan antara zona perawatan dan lingkungan kampung.. Harapannya penghuni bisa mendapatkan perawatan layaknya di panti lansia, dan juga berinteraksi layaknya di kehidupan nyata yang berdasarkan survey hal tersebut tidak ada di panti lansia.. :roll:

Nah.. perwujudan konsepnya menjadi seperti gambar di atas.. Dari sebuah hunian terdapat akses ke zona perawatan lewat pintu belakang dan lingkungan kampung di pintu depan.. Lingkungan kampung itu sendiri dibuat menjadi sebuah jalur wisata kampung dengan sebuah galeri dan workshop kerajinan dan batik sebagai magnetnya.. Tentunya semua dengan pengamanan khusus sehingga penghuni lansia tidak keluar ke kampung yang sebenarnya.. :mrgreen:

Kira-kira denahnya seperti di atas.. :roll: Hanya saja terdapat penambahan lantai 2 dan ramps di innercourt hijau itu.. Dan yang berwarna merah adalah jalur wisata kampung yang bisa diakses orang umum dan juga penghuni lansia.. Jadi pedagang bakso bisa tetep lewat dan menawarkan jajanannya pada si mbah yang ada disana.. :D

Untuk huniannya, terdapat beberapa tipe kamar.. Semuanya dapat mengakomodasi pengguna kursi roda.. Contohnya kamar mandi di gambar pojok kiri bawah, terdapat radius putar kursi roda, handle untuk berpindah dari kursi roda ke toilet, dsb.. Setiap tipe kamar memiliki ruang tamu, kamr tidur, lemari, dapur, tempat cuci dan kamar mandi.. Jadi harapannya penghuni bisa mandiri.. Hanya saja terdapat perbedaan untuk ruang isolasi perawatan khusus, dimana penghuni benar-benar tidak bisa mandiri dan membutuhkan perawatan full time (gambar pojok kanan bawah)..

Tidak lupa detail material juga dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan panti lansia.. Misalnya cat yang mudah dibersihkan, lantai yang tidak licin, handle untuk berpegangan di sepanjang koridor, dsb.. Berikut beberapa gambar perspektif di mulai dari workshop, ruang makan sebagai tempat berkumpul penghuni, dan selasar yang dilengkapi ramps untuk sirkulasi pengguna kursi roda..

Oke, sekian dan tidak lupa terima kasih buat temen studio sekelompok: Irfan, Bella, Evan, Anin, dan si Bro.. kapan-kapan makan di Selat Solo lagi.. :D


0 Responses to “Studio Tematik 2: Elderly Housing”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Galih Winastwan’s Personal Blog

A simple blog, contains some articles about architecture, design, digital architecture and much more in Indonesian language..

Blog Stats

  • 59,096 kunjungan

Kalender

October 2011
M T W T F S S
« Sep   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

My Portfolio


view my portfolio:
coroflot.com/winastwan

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: