21
Mar
10

Maket Monokrom..!!

Kata pak BP, salah satu dosen saya, maket warna-warni kurang elegan, malah beliau bilang dengan tegas, “menjijikkan” :roll: Untung untuk Studio 5 kemarin pakai bahan yang monokrom, kertas kappa, serbuk kayu untuk rumput yang dibiarkan alami warna coklat, dan spon kuning untuk vegetasi.. Kenapa saya pilih maket monokrom?

Karena kebetulan dari desain hotel ini sudah ramai, banyak lengkung, perbedaan ketinggian, yah pokoknya intinya tanpa warna saja sudah bisa keliatan desainnya.. Selain itu juga yang pasti bahan bisa didapat dengan harga yang muraah.. Kalau dirinci bahan-bahannya, cuma pakai karton kappa ketebalan 1,5mm dan 2mm, serbuk kayu gratis, spon juga beli yang buat cuci motor, tiang lampu cuma jarum pentul dipilox putih, sebenarnya ada PVC juga untuk kaca tapi ngga jadi dipakai karena ribet dan kayaknya malah kesannya jadi ngga monokrom..

Teknik pembuatannya mudah, cuma pakai tools sederhana, penggaris, cutter, gunting, lem, dll. yah pokoknya biasa lah, ngga pakai laser cut yang mahal2 itu.. :mrgreen: Langkah pertama tentunya bikin alas, siteplan, menanam rumput sesuai pola yang diprint trus dipakai buat panduan.. ;)

Oya, maket ini saya buat per lantai, jadi tiap lantai ada ‘plat lantai’nya, bukan bikin dinding, alas, atap, tengahnya kosong.. Karena memang saya butuh untuk menunjukkan adanya koridor yang terbuka di sepanjang lantai tipikal, dengan begitu desainnya bisa lebih ‘muncul’ :D

Untuk finishing ditanam beberapa pohon, yang kali ini bikin sendiri dari parutan spon yang ditempel ke serabut kabel listrik walaupun sponnya ngga bisa nempel dengan baik :roll: Untuk area parkir dan jalan dibuat dengan melapisi dengan 1 lapis kappa, karena rencana sebelumnya menggunakan pola pavement yang diprint dirasa justru menghilangkan kesan monokrom.. Terakhir dipasang tiang lampu sebagai aksesoris dan menunjukkan itu merupakan tempat parkir, cukup pakai jarum pentul yang dipilox putih, dan yang pasti muraah karena piloxnya juga minta.. :D

Hmm.. ngga tau kenapa di pameran yang diadakan di kampus maket ini ikut dipajang, ngga bilang2 lagi sama yang punya.. :mrgreen: Ada komentar atau pendapat?

About these ads

7 Responses to “Maket Monokrom..!!”


  1. 1 edgar sebastian
    1 April 2011 at 15:31

    keren< pertama kali ngeliat tipe bangunan yang meliuk-liuk, bagus hanya pada bagian bangunan paling kiri agak terkesan "tersembunyi" kenapa ga dibikin sama view nya? ( view utama sebenarnya dimana ya?)

  2. 2 audi ramadhan
    6 December 2011 at 12:43

    I love it, gw juga seneng banget ma maket yang monokrom kaya gini, lebih elegan dan lebih arsitektural….klw yang warna-warni bikin sakit mata…..sama kaya tampilan gambar ga suka tuh ma yg dirender2, bagusan yang model sketsa2 tangan…

  3. 4 Ize
    20 April 2013 at 14:14

    Kak, saya siswa SMA kelas 2 dari sidoarjo. Saya mau tanya, maket monokrom itu apa ya? Kok saya search di google ngga nemu-nemu. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Saya rencana mau buat maket monokrom seperti punya kakak. Bagus dan patut dicontoh :)

  4. 5 Galih
    30 June 2013 at 21:45

    maap baru balas.. monokrom sebenarnya istilah warna, 1 tone warna misal coklat, tapi bervariasi dari coklat tua sampai coklat muda.. maksudnya maket monokrom disini karena penggunaan material yg dipilih supaya bernada monokrom.. simple, tanpa perlu pewarnaan tambahan, cukup menggunakan warna asli material, tapi dengan keserasian monokrom menghasilkan warna yg enak dilihat ;)

  5. 27 November 2013 at 00:02

    keren baaaaang (y) tpi struktur ny gmna y bg? modul strukturnya contohnya bg? (maklum lah msh mahasiswa baru bang) :D

  6. 7 June 2014 at 14:57

    mas dimana beli kertas kappa sama kertas mounting na??

    mhon pencerahannyaa
    krna saya pemula dalam hal makettt :)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Galih Winastwan’s Personal Blog

A simple blog, contains some articles about architecture, design, digital architecture and much more in Indonesian language..

Blog Stats

  • 58,721 kunjungan

Kalender

March 2010
M T W T F S S
« Jan   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

My Portfolio


view my portfolio:
coroflot.com/winastwan

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: